Pengertian Fisioterapi

Pengertian Fisioterapi menurut KEPMENKES adalah bentuk pelayanan Kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan ( fisik, elektroterapeutis dan mekanis ), pelatihan fungsi, komunikasi.

Pengertian Fisioterapi menurut APTA
“fisioterapi merupakan sebuah profesi yang dinamis dengan dasar teori dan aplikasi klinik yang luas untuk memelihara, mengembangkan dan memulihkan fungsi fisik secara optimal.
Pengertian Fisioterapi menurut CPA
“Fisioterapi adalah ahli perawatan kesehatan primer dengan peran penting dalam peningkatan kesehatan dan pengobatan cedera serta penyakit. Mereka menggabungkan pengetahuan mendalam mereka tentang tubuh dan bagaimana cara kerjanya dengan mengkhususkan keterampilan tangan klinis untuk menilai, mendiagnosa dan mengobati gejala penyakit, cedera atau cacat.”
Pengertian Fisioterapis adalah seseorang yang telah lulus pendidikan formal fisioterapi dan kepadanya diberikan kewenangan tertulis untuk melakukan tindakan fisioterapi atas dasar keilmuan dan kompetensi yang dimilikinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Pengertian Ilmu Fisioterapi adalah sintesa ilmu biofisika, kesehatan, dan ilmu-ilmu lain yang mempunyai hubungan dengan upaya fisioterapi pada dimensi promosi, pencegahan, intervensi, dan pemulihan gangguan gerak dan fungsi serta penggunaan sumber fisis untuk penyembuhan seperti misalnya latihan, tehnik manipulasi, dingin, panas serta modalitas elektroterapeutik.[tb]